Saturday, March 29, 2014

Tutorial Easter Theme Cookies

kukis4fun-baking fun
Hai2,
udah ga lama nengok blog kepentok kesibukan *cieee* sok sibuk maksudnya Natal, Imlek sama Valentine nih.
Nah sekarang mumpung mau menjelang Paskah dan lagi agak senggang sesudah HMFF NCC Bdg aku mau bagi sedikit tutorial bikin kukis Paskah ya.
Oh iya buat yang mau tau apa itu HMFF boleh lho join NCC (Natural Cooking Club) baik pusat maupun yang lokalnya NCC Bandung ya. Karena kan aku domisilinya di Bandung :)
Nah untuk postingan ini aku bikin 2 macam kukis. Cookie cutternya untuk yg sekarang aku pakai buatan Wilton. Bisa dibeli online ato di TBK2 yang menyediakan ya.
Resep cookiesnya bisa apa aja yang penting jangan rapuh supaya ga cepat hancur.
Untuk resep RI (royal icing)nya bisa dilihat di postingan sebelumnya yang Baking theme cookies.

Sebelum memulai aku mau kasih sedikit tips nih:

  1.  Sebaiknya mencoba dulu konsistensi Royal icing ke media lain. Bisa alas kue, talenan plastik atau apapun untuk memastikan konsistensi RI sudah sesuai dengan yang kita inginkan.
  2. Untuk motif kita perlu RI yang agak kental (ditambah sedikit gula tepung)a
  3. Untuk membuat bunga kita perlu RI yang keras (ditambah banyak gula tepung)
  4. Untuk mengisi/coloring kita perlu RI yang encer (ditambah air lemon). Pastikan RI yang kita pakai tidak terlalu kental supaya hasil akhir mulus dan merata.


Oke, kita mulai tutorialnya ya.
Ini nanti hasil jadinya



Flower Royal Icing
Bunga-bunga ini aku buat dari sisa Royal Icing yang ditambah gula tepung sampai jadi keras (sekali) hehe...
Step ini dibuat lebih dulu supaya mengering duluan ya.


Karena aku ingin bunganya ada teksturnya dan males pakai spuit jadi plastik segitiga.nya aku potong segitiga ke atas kaya buat bikin daun ya.



Kemudian aku buat bunga kecil diatas kertas roti, Biarkan kering.
Ini hasil jadinya, mudah-mudahan terlihat jelas teksturnya


Bunga-bunga dari RI ini bisa disimpan ya. Kalau mau untuk jangka waktu lama dioven dl sebentar baru dimasukkan ke dalam wadah tertutup. 

Nah sekarang kita mulai cookies yang kelinci dulu ya.
Jadi ini cutternya memang sudah berbentuk bawahnya telur, atasnya kepala kelinci 



 Disini aku buat ouline dengan konsistensi sedang sedikit encer supaya bisa langsung coloring, tapi kalau dirasa susah bisa dengan 2 konsistensi ya.
Jadi sedang untuk outline baru menggunakan yang encer untuk coloringnya.
Usahakan saat membuat outline ataupun coloring ujung piping bag jangan menyentuh kukisnya, karena akan menyebabkan remahan kukis terangkat alhasil kukisnya bisa kotor dan piping bag macet.




Setelah kepala kelinci selesai, kita diamkan sebentar. Ini karena aku ingin ada efek seperti kelincinya ada dibelakang telurnya. 
Kemudian mulai kita outline dan isi telurnya. 



Beri motif pada bagian telur waktu RI pada kukis masih basah supaya motifnya tidak timbul. Ini dinamakan wet on wet technique ya. 
Jangan lupa untuk membuat motif gunakan RI dengan konsistensi sedang cenderung keras supaya motif jelas terlihat bentuknya.

Beri titik ditengah bunga dengan warna yang lebih tua
 

Diamkan kukis hingga agak mengering untuk diberi detail mata, mulut dan hidung.

Sekarang kita lanjut ke kukis yang lain ya.
Supaya jelas untuk chicken cookies ini aku mewarnai bagian telurnya dulu jadi efeknya nanyi seakan-akan ayamnya keluar dari telurnya. 



Tunggu agak mengering supaya motifnya timbul.
Kemudian kita beri motif pada telur menggunakan RI keras


Oke, sampai sini. Kita ambil bunga-bunga yang pertama kita buat tadi. Pastikan sudah kering dan kita angkat pelan-pelan.
Tempelkan di tempat yang kita kehendaki 



Baru kita gambar dan isi bagian atas kukisnya yaitu bentuk kepala dan badan anak ayam.


Kelihatan ya, dimensi RI pada anak ayam lebih timbul daripada telur tadi.
Ini hasil jadinya yang harus kita diamkan sampai agak mengering baru kita beri detail mata.


tips: kukis harus didiamkan agak kering baru diberi detail mata untuk mencegah luntur karena mata menggunakan RI yang berwarna lebih pekat dibanding dasarnya.

Sampai sini tutorial selesai, mudah-mudahan bermanfaat buat yang membaca ya.
Mohon maaf kualitas fotonya kurang bagus karena aku foto menggunakan tangan kiri haha.
Juga bila ada salah bahasa. 
Semoga tutorialnya cukup dapat dimengerti.




No comments:

Post a Comment